--> Skip to main content

Hakikat RPP dalam Kurikulum 2013

RPP Kurikulum 2013

Tahap Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, RPP Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 IMG
RPP Kurikulum 2013. RPP atau yang biasa dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran khusus Kurikulum 2013 ada beberapa komponen yang sudah disediakan dalam Permendikbud 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013. Adapun pelaksanaan Kurikulum 2013 menurut rencana pada tahun pelajaran 2014/2015 akan dilaksanakan secara serentak bagi kelas VII dan VIII untuk seluruh SMP, kelas X dan XI untuk SMA/SMK/sederajat dan begitu juga untuk tingkat Sekolah Dasar.

Tahap Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

Tahap pertama dalam pembelajaran menurut standar proses yaitu perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Setiap guru di setiap sekolah wajib menyusun RPP untuk kelas yang diampu (guru kelas) di SD dan untuk guru matapelajaran yang diampunya untuk guru SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Pengembangan RPP bisa dilakukan pada awal semester atau awal tahun pelajaran, supayar RPP telah siap dalam setiap awal tahun pembelajaran. Penyusunan RPP dapat dilakukan secara mandiri atau secara berkelompok. Sebelum lebih jauh membahas RPP Kurikulum 2013 berikut ini gambaran RPP menurut Permendikbud 81A tahun 2013:

1. Hakikat RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus.
Cakupan RPP Kurikulum 2013 : (1) data sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester; (2) materi pokok; (3) alokasi waktu; (4) tujuan pembelajaran, KD dan indikator pencapaian kompetensi; (5) materi pembelajaran; metode pembelajaran; (6) media, alat dan sumber belajar; (6) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan (7) penilaian.

Pengembangan RPP Kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau secara bersama-sama melalui KKG/MGMP di dalam suatu sekolah tertentu difasilitasi dan disupervisi kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah.

Pengembangan RPP Kurikulum 2014 juga dapat dilakukan oleh guru secara berkelompok melalui MGMP antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

2. Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP

Berbagai prinsip dalam mengembangkan atau menyusun RPP di Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut.
  1. RPP disusun guru sebagai terjemahan dari ide kurikulum dan berdasarkan silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  3. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
  4. Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik sebagai manusia yang mandiri dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mengembangkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, semangat belajar, keterampilan belajar dan kebiasaan belajar.
  5. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  7. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  8. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat setelah suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap peserta didik dapat teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta didik.
  9. Keterkaitan dan keterpaduan.
  10. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk sikap dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  11. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
  12. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Demikian sedikit berbagi informasi tentang gambaran Kurikulum 2013 yang bersumber dari Permendikbud 81A tahun 2013 tentang implementasi kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

Baca selengkapnya tentang "RPP dan Silabus Kurikulum 2013"

Keywords : Tahap Pembelajaran dalam Kurikulum 2013, RPP Kurikulum 2013, Kurikulum 2013


-->

Rekomendasi:

Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar